Headlines News :
Home » » Belajar Al-Qur’an Kini Gampang dengan Aplikasi

Belajar Al-Qur’an Kini Gampang dengan Aplikasi

Written By Unknown on Jumat, 06 Februari 2015 | 2/06/2015


Jakarta, NU Online
Teknologi internet telah merevolusi kehidupan, termasuk cara belajar membaca Al-Qur’an. Sejumlah aplikasi dalam sistem operasi Adroid kini bisa diunduh secara cuma-cuma untuk belajar membaca Al-Qur’an.

Dari smartphone atau komputer tablet dengan sistem operasi Android, silahkan buka google play, lalu ketik “belajar Al Qur’an” atau “belajar mengaji” maka akan ditemukan banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. 

Aplikasi mengaji paling populer dibuat oleh Educa Studio, yang banyak sekali membuat aplikasi belajar buat anak-anak. Aplikasi mengajinya diunduh lebih dari 500 ribu kali. Dalam aplikasi kartun ini, anak-anak diajak mengenal huruf hijaiyah, kemudian ada permainan menebak huruf hijaiyah dengan point tertentu jika tebakannya berhasil yang membuat anak-anak terpacu untuk mengingat huruf yang dipelajarinya. 

Aplikasi ini mendapat rating 4.3 dari 5 tertinggi. Dalam reviewnya, diketahui para pengunduh bukan hanya dari Indonesia, tetapi banyak juga dari Malaysia atau review dari nama-nama yang mengindikasikan nama non Asia Tenggara. Banyak diantaranya menggunakan bahasa Inggris.  

Aplikasi belajar Al-Qur’an lain dirilis oleh Paperplay Studio yang sengaja didesain untuk anak-anak dengan materi yang didapat dari Iqro' dan beberapa sumber yang sudah disesuaikan dengan langkah-langkah tepat untuk belajar Al-Qur’an. 

Dalam rilisnya yang dikirim ke NU Online, Paperplay studio berharap karya ini dapat turut serta membantu kecerdasan anak bangsa. Aplikasi ini masih berumur beberapa hari, namun dalam kurun waktu tersebut sudah mendapatkan lebih dari 100 download. 

Saat NU Online mencoba aplikasi tersebut suara yang memperdengarkan hur

uf hijaiyah dengan jelas dan pelan sehingga bisa diiikuti oleh anak-anak. 

Beberapa materi yang terdapat pada aplikasi ini diantaranya: 1. Huruf Hijayah; 2. Harokat (Fatkha, Kasroh, Dumma, Sukun, dan sebagainya); 3. Tanwin (Fatkhatain, Kasrohtain, Dummatain); 4. Tajwid (Idzhar, Ikhfa', Iqlab, dan sebagainya)


Meskipun memudahkan, bukan berarti anak-anak bisa belajar sendiri. Panduan dari orang tua atau guru tetap diperlukan untuk meluruskan kesalahan pengucapan huruf oleh anak-anak. Dan, mengaji secara utuh membaca ayat Qur’an satu per satu sampai khatam harus tetap diteruskan. 

Terdapat pula aplikasi yang hanya untuk mengaji, meskipun dengan kecepatan baca yang rendah. Mungkin ini lebih cocok untuk orang dewasa yang baru belajar mengaji atau untuk menghapal Qur’an. Persyaratan harus selalu terkoneksi dengan internet membuatnya kurang praktis.

Produk aplikasi mengaji yang lain dengan mudah bisa didownload, tinggal memilih mana yang paling mudah dipelajari atau disenangi anak-anak. Pilihan lain, seperti belajar shalat, belajar menulis huruf hijaiyah, doa-doa harian atau kisah para nabi akan membantu mengenalkan anak-anak dengan ajaran Islam dengan cara yang menyenangkan.  (mukafi niam)
Share this article :

0 komentar:

Apa yang anda pikirkan

Kami tunggu kritik dan saran dari anda... !

 
Support : Bale-bale Palupuh | Abahvsan Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. YAYASAN PENDIDIKAN AL-FALAH JATINANGOR - All Rights Reserved
Template Design by Abahvsan Published by Creating Website